23 Mei 2013

Download Contoh Program C# Sangat Sederhana

Didalam compilator yang kita gunakan ada beberapa bentuk aplikasi yang dapat dibuat. Sebagai tahap awal kita akan membuat suatu program dengan bentuk console / DOS. Console adalah aplikasi yang dibuat dalam bentuk teks.

Untuk membuat contoh sederhana buatlah project baru dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Lingkup Informatika menggunakan Microsoft Visual Studio dalam membuat project sederhana ini. Caranya klik File → New → Project sehingga muncul tampilan seperti berikut ini:

    Contoh Program C# Sangat Sederhana picture

  2. Pilih Console Application dan beri nama dan dan Solution Name sesuai keinginan Anda. Ubah juga Lokasi penyimpana file sesuai keinginan. Jika sudah maka akan terlihat bagian sintax program dengan nama program.cs yang didalamnya terdapatsintax static void Main(string[] args) itu menunjukan bahwa main adalah fungsi utama yang didalamnya dapat dilakukan pemanggilan class, fungsi, atau perintah-perintah komputasi.

    Contoh Program C# Sangat Sederhana picture
  3. Dalam contoh ini kita akan membuat proses output. Masukan sintax di bawah ini ke dalam fungsi utama static void Main(string[] args) diantara tanda kurung {…}.

    Contoh Program C# Sangat Sederhana picture
  4. Penjelasan dari program diatas:
    - namespace LingkupInformatika : Dalam contoh ini namespace atau ruang lingkupnya adalah Lingkup Informatika.
    - class : adalah deskripsi / sketsa/ gambaran dari objek. Dalam contoh ini nama objeknya adalah program yang didalamnya terdapat MethodMain() dengan sintax static void Main(string[] args).- Fungsi  Console.WriteLine() atau Console.Write(). Keduanya digunakan untuk menampilkan informasi keluaran ke layar.
    - Fungsi Console.ReadLine() digunakan untuk meminta nilai yang di masukan oleh user (Input).
  5. Jika program tersebut success maka tampilan aplikasinya akan seperti dibawah ini:Contoh Program C# Sangat Sederhana picture
s    Download Contoh Program C# Sangat Sederhana ini disini


0 komentar:

Posting Komentar