19 Mei 2013

Pengertian Visual Basic

Pada bahasan kali ini akan dijelaskan pengertian visual basic secara terperinci.

Visual Basic berasal dari dua kata Visual dan Basic. Kata Visual merujuk pada metode yang digunakan untuk membuat antar muka yang bersifat Graphical User Interface (GUI). Untuk memunculkan elemen di dalam antar muka, programmer tidak perlu menulis kode program berbaris-baris tetapi cukup dengan menambahkan objek yang sudah dibangun dan disediakan kedalam tempat atau posisi yang diinginkan di dalam program. Kata Basic merujuk kepada bahasa BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code) yang merupakan sebuah bahasa yang digunakan oleh banyak programmer jika dibandingkan dengan bahasa lainnya dalam sejarah komputer. Visual Basic telah berubah dari BASIC sehingga sekarang memiliki ratusan pernyataan, fungsi, dan kata kunci. Kebanyakan diantaranya terkait dengan antar muka pada Windows.

Visual Basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti. Lebih mudah lagi ketika muncul Microsoft Visual Basic yang dibangun untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya atau disebut simple scripting language untuk dengan user interface (tampilan) yang dikembangkan dalam sistem operasi Microsoft Windows. Ini terlihat pada awal pembuatan program dalam visual basic adalah Form dimana programmer dapat mengatur tampilan form kemudian dijalankan dalam script yang mudah.

Ledakkan pemakaian Visual Basic ditandai dengan kemampuan Visual Basic untuk dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi Windows dengan komponen ActiveX Control. Dengan komponen ini memungkinkan programmer untuk memanggil dan menggunakan semua model data yang ada di dalam sistem operasi windows. Teknik pemrograman di dalam Visual Basic mengadopsi dua macam jenis pemrograman yaitu Pemrograman Visual dan Pemrograman Berbasis Objek (Object Oriented Programming - OOP).

0 komentar:

Posting Komentar